Oleh: dyusup | 22 Desember 2008

Soal Tugas Akhir Tahun RO

Sehubungan perkuliahan Semester Ganjil 2008/2009 akan berakhir pada minggu II Januari 2009, bagi anda yang mengikuti perkuliahan (Teknik) Riset Operasi,  sebagai bahan belajar saat liburan akhir tahun 2008 terdapat soal tugas.  Soal tersebut saya ambil dari buku karangan Siswanto dengan judul Operations Research soal no 3 halaman 337. Adapun pertanyaan yang harus dijawab dari soal tersebut adalah sebagai berikut :

Tentukan:

a). Tabel Transportasi !

b). Model Transportasi !

c). Ongkos awal dengan menggunakan :

*) Metode Ongkos Baris Terkecil (untuk mahasiswa dengan NIM Ganjil) !

*) Metode Ongkos Pendekatan Vogel (untuk mahasiswa dengan NIM Genap) !

d). Jawab Optimal dengan :

*) Metode Batu Loncatan (untuk mahasiswa Cewek) !

*) Metode MODI (untuk mahasiswa Cowok) !

e). Bandingkan jawaban Anda, dengan pemecahan menggunakan alat bantu (software komputer, misalnya LINDO, Solver, dan lain-lain)

Untuk mendownload soal tersebut silakan masuk ke halaman Catatan Kuliah TRO dengan klik disini.

Harap maklum.


Responses

  1. Pak,penggunaan software lindo bagaimana??
    Pada kebingungan nich cara pakainya…
    Pak,cara menghitung Penalti baris dan penalti kolom itu dikatakan selesai jika bagaimana,Pak?
    Terima kasih.

  2. saya pengen tau soal dan penyelesaien tentang model transportasi pada pelajaran TRO

    Silakan meng-unduh materi Kuliah Teknik Riset Operasi di blog ini. Insya Allah sudah saya tambahkan contoh dan penyelesainnya. Semoga bermanfaat.

  3. saya ingin tau alamat situs untuk download software TRO untuk windoews.thx


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: