Oleh: dyusup | 24 Januari 2008

Soal Kuis Riset Operasi

Bagi anda mahasiswa yang mengambil mata kuliah Riset Operasi atau Teknik Riset Operasional yang belum mendapat nilai kuis maupun yang sudah mendapat nilai kuis, berikut ini ada soal yang dapat anda kerjakan. Hasil pengerjaan soal tersebut akan dijadikan nilai kuis. Jawaban soal kuis saya tunggu sampai dengan Hari Kamis, 31 Januari 2008, pukul 14:30 WIB.

Soal Kuis Riset Operasi:

1.      Suatu perusahaan mempunyai tiga lokasi gudang yaitu Fa, Fb dan Fc yang akan didistribusikan ke 3 kota yaitu W1, W2 dan W3. Kapasitas gudang Fa, Fb dan Fc  masing-masing adalah 30, 45 dan 75 ton. Sedangkan keperluan kota W1, W2 dan W3 masing-masing adalah 40, 35 dan 65 ton.  Ongkos angkut per unit produk tersebut adalah Rp. 1.500,- per Kilo meter. Adapun tabel jarak antara lokasi gudang dengan kota tujuan adalah sebagai berikut:

tabel Jarak 

Tentukan :

a.      Tabel Transportasinya ! 

b.      Model Matematika dari persoalan transportasi tersebut !

c.      Ongkos Awal dengan Metode Pendekatan Vogel !

d. Jawab Optimalnya dengan Metode MODI !

2. Sebuah perusahaan mempunyai 6 unit mesin, yaitu M1, M2, M3, M4, M5  dan M6 yang dioperasikan oleh 5 operator, yaitu O1, O2, O3 , O4  dan O5   yang memiliki kemampuan  berbeda. Tabel berikut memperlihatkan biaya produksi per hari yang diperlukan setiap mesin  dengan  masing-masing operator. Tentukan penugasan masing-masing operator dan biaya   produksi  setiap harinya sehingga diperoleh hasil yang optimal.

tabel ongkos

Tentukanlah :

a.      Model Matematika dari Masalah Penugasan  di atas !               

b.      Penugasan masing-masing operator dan berapa biaya optimalnya ! 

 

Ingin download file soal Kuis disini  Soal Kuis RO

 

Selamat mengerjakan, semoga sukses !


Tanggapan

  1. pak kl blh tau nilai kuis untuk soal ini brp?
    mslhnya sy blm pernh dptnilai kuis n nilai slm kuliah n tts cm dpt dikit…

    lha itu gmn pa?

    thx blsnnya sy tgu….

    aswrwb

    wa’alaikum salam.
    Nilai Kuis adalah 10 point dari nilai akhir.
    wasalam.

  2. pak ini dikumpulkan kapan? kok ngga ada keterangannya?

    thanks

  3. assalamu’alaikum

    pak boleh tau jawabannya gak


    Wa’alaikum salam wr. wb.
    Boleh. Saya cari dulu filenya. Ternyata sudah saya upload di sini. Silakan di download dan semoga bermanfaat.

  4. Konsep Metode Vogel yang paling cepat untuk mahasiswa bisa mengerti seperti apa pak. Kita bingung, sudah belajar sudah bisanya

  5. Konsep Metode Vogel yang paling cepat untuk mahasiswa bisa mengerti seperti apa pak. Kita bingung, sudah belajar susah bisanya. Terima kasih

    yahya

    Yang paling cepat ya tahu proses mengerjakan dengan Metode tersebut. Karena kalau hanya membaca hasil dari metode tersebut pasti akan bingung.

  6. kayaknya kalo semua materi pelajaran dilakukan seperti ini sangat bagus sekali.jadi saya cukup merespon dari situs ini yg telah berhasil mendidik anak bangsa menjadi bekualitas lagi.hormat saya.

    Terima kasih. Mohon masukan dan saran jika ada kekurangan dan kesalahan.

  7. rancoe bgt sih .. bikin otak ngejelimet /….

  8. bisa ga ih .. matematika atau soal yang berhubungan dengan hitung2an itu dijadikan sesuatu yang menarik buat para penerima matkul tersebut

  9. pa. jawabannya mana ko gk ada? minta dungks pa. . .

  10. Pak, kalau untuk tes optimalisasi dengan ongkos pojok kiri atas, dengan ongkos C1A = 16 dan lansung C2A = 10, bagaimana menentukan U2 nya..? apakah bisa minus..?

    Thanks


Tinggalkan komentar

Kategori